Ajax ke puncak lagi usai berjaya di markas Willem

Jakarta (ANTARA) – Ajax kembali ke puncak klasemen Liga Belanda seusai berjaya di markas Willem II di Stadion Koning Willem II, Tilburg, Belanda, dan meraih kemenangan 4-1 untuk laga pekan ke-29 pada Minggu dini hari WIB.

Tim besutan Erik ten Hag itu kini mengoleksi 71 poin dan menggusur juara bertahan PSV Eindhoven (70) dari puncak klasemen, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Akan tetapi posisi Ajax belum sepenuhnya aman, mengingat PSV baru akan berlaga pada Senin (8/4) dini hari WIB di markas Vitesse Arnhem (42).

Sementara itu, kekalahan tersebut sejauh ini belum mempengaruhi posisi Willem (40) yang tetap bertahan di urutan kedelapan.

Donny van de Beek membuka keunggulan Ajax pada menit ke-14 saat ia melepaskan tendangan keras ke sudut kanan atas gawang menyambut umpan sundulan dari Frenkie de Jong.

Tuan rumah sempat menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Alexander Isak pada menit ke-24 menyusul pelanggaran yang dilakukan Daley Blind terhadap Marious Vrousai.

Akan tetapi skor imbang tak bertahan lama lantaran pada menit ke-41 serangan Ajax berhasil membuat Freek Heerkens melakukan kesalahan dalam upaya menghalau yang membuat bola masuk ke gawangnya sendiri.

Keunggulan 2-1 yang dimiliki saat turun minum diperbesar Ajax delapan menit memasuki babak kedua. Umpan terobosan Dusan Tadic berhasil diselesaikan tanpa cela oleh Joel Veltman.

Tadic kembali mencatatkan assist atas namanya ketika ia menyodorkan bola yang kemudian ditembak oleh Hakim Ziyech untuk menciptakan gol keempat Ajax pada menit ke-70.

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Belanda, Ajax kembali bayangi PSV

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Belanda:

Willem II (4-3-3): Timon Wellenreuther; Fernando Lewis, Freek Heerkens, Jordens Peters, Diego Palacios; Vurnon Anita, Daniel Crowley, Pol Llonch; Marios Vrousai (Damil Dankerlui), Alexander Isak (Karim Coulibaly), Evangelos Pavlidis (Dries Saddiki)
Pelatih: Adrie Koster

Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Joel Veltman, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Lasse Schoene (Dani de Wit), Frenkie de Jong (Daley Sinkgraven); Hakim Ziyech, Donny van de Beek, David Neres; Dusan Tadic (Klaas-Jan Huntelaar)
Pelatih: Erik ten Hag

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019