Asensio dan VAR bantu Madrid menang atas Ajax

Jakarta (ANTARA News) – Real Madrid butuh gol menit akhir Marco Asensio dan penggunaan perdana VAR di Liga Champions untuk mengalahkan Ajax dengan skor tipis 2-1 dalam leg pertama fase 16 besar pada Kamis (14/02) WIB.

Ajax belum pernah mengalahkan Madrid dalam 24 tahun terakhir dan mereka berpikir dapat melakukannya di Johan Cruyff Arena ketika Nicolas Tagliafico mencetak gol setelah memanfaatkan kesalahan Thibaut Courtois.

Namun, wasit Damir Skomina menganulirnya karena menilai pemain Ajax Dusan Tadic sudah dalam posisi offside dan Madrid tidak menunjukkan belas kasihan pada lawannya. Penyerang mereka Karim Benzema dan Asensio berhasil mencetak dua gol tandang yang berharga di babak kedua.

Gol penyama kedudukan oleh Hakim Ziyech sedikitnya membuat Ajax tetap memiliki peluang dalam menantap leg kedua di Santiago Bernabeu, tetapi gol Asensio pada menit ke-87 menyudahi perlawanan klub Belanda tersebut yang sebagian besar mendominasi pertandingan itu.

Setelah peluit akhir pertandingan berbunyi, banyak pemain Ajax yang mendatangi para wasit untuk memprotes keputusan menganulir gol pembuka mereka. Teknologi VAR (Video Asisten Wasit) untuk pertama kalinya diperkenalkan ke Liga Champions di fase knock-out tahun ini.

Meski menang, Madrid tidak boleh tenang karena mereka harus menjalani laga leg kedua di Santiago Bernabeu pada awal Maret mendatang.

Sejak kick-off dimulai, kedua tim sudah sama-sama melancarkan permainan menyerang ofensif. Meski begitu, belum ada peluang berbahaya yang tercipta dalam 10 menit pertama.

Dusan Tadic hampir saja membawa Ajax unggul pada menit ke-27. Ia berhasil melewati kapten Madrid Sergio ramos, tetapi tembakannya masih membentur tiang gawang.

Ajax mencetak gol di menit ke-37 lewat sundulan Tagliafico saat memanfaatkan kekacauan di depan gawang Thibaut Courtois. Namun, gol tersebut dianulir setelah wasit melihat tayangan VAR, ia menganggap Tadic sudah terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Tadic kembali jadi ancaman bagi tim tamu ketika ia sukses melewati beberapa pemain lawan, tetapi penyelesaian akhirnya masih melebar dari sasaran. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Setelah babak kedua dimulai, tempo permainan masih berjalan cukup ketat. Penyerang Madrid, Benzema berhasil membuat peluang bagus tetapi masih bisa diatasi kiper lawan Andre Onana, ganti aksi David Neres yang masi bisa dimentahkan Courtois.

Beberapa menit kemudian Ajax membuat kiper Los Galacticos, Thibaut Courtois beraksi untuk mementahkan aksi dari pemain sayap David Neres.

Madrid baru bisa mencetak gol pada menit ke-60 berkat tendangan Benzema setelah meneruskan operan dari Vinicius Junior.

Tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Ziyech di menit ke-75. Pemain tim nasional Maroko itu berhasil menyambar umpan silang Neres untuk menaklukkan Courtois.

Taktik pergantian Madrid terbukti sukses setelah Asensio yang masuk sebagai pemain pengganti berhasil membawa Los Blancos kembali unggul berkat golnya di menit ke-87.

Ajax hampir  mengakhiri laga dengan hasil imbang. Sayang peluang emas oleh Kasper Dolberg di detik-detik akhir laga masih belum mampu diubah menjadi gol. Pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Madrid.

Baca juga: Prediksi Ajax vs Real Madrid

Baca juga: Vertonghen bersinar kala Tottenham lumat Dortmund 3-0 di Wembley
 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019