Cetak gol larut, Kramaric antar Kroasia tekuk Azerbaijan 2-1

Jakarta (ANTARA) – Kroasia dipaksa untuk bekerja keras ketika mereka bangkit dari ketertinggalan gol sebelum menaklukkan Azerbaijan 2-1 dalam laga kandang pertama kualifikasi Grup E Euro 2020 mereka, dimana penyerang Andrej Kramaric mencetak gol kemenangan pada menit-menit akhir, Kamis waktu setempat.

Dalam pertandingan grup lainnya, Slovakia meraih kemenangan kandang 2-0 melawan Hongaria berkat gol pembuka babak pertama Ondrej Duda dan gol menit ke-85 Albert Rusnak di Trnava.

Kroasia mendominasi pertandingan sejak awal di stadion Maksimir, tetapi Azerbaijan justru mengejutkan penonton tuan rumah ketika pemain depan Ramil Sheydaev memberi mereka keunggulan di menit ke-19 dengan gol yang luar biasa.

Sheydaev, yang nyaris pula mencetak gol dua menit sebelumnya, melewati bek tengah Duje Caleta-Car dengan lincah sebelum menyepak bola melewati kiper Lovre Kalinic.

Kroasia menumpu tekanan serangan kepada kapten Luka Modric dan sundulannya masih melebar ketika menyambut umpan silang Borna Barisic tak lama sebelum bek kiri itu menyamakan kedudukan dengan gol internasional pertamanya.

Caleta-Car menyambut bola dengan sundulannya hasil tendangan sudut yang dilepaskan Dmitri Nazarov, tetapi bola masih bisa dihalau dan mengarah kepada Barisic yang berada di posisi tepat dan selanjutnya menceploskan bola dari jarak dekat untuk menyamakan kedudukan di menit ke-44.

Hasil imbang itu tampaknya menjadi malam yang membuat frustasi bagi Kroasia ketika kiper timnas Azeri, Salahat Agayev, berhasil melakukan serangkaian penyelamatan di babak kedua menepis serangan Modric, Bruno Petkovic dan Josip Brekalo.

Agayev dengan gemilang juga menghalau serangan-serangan silang dari kedua sisi pada saat lini pertahanan tim tamu mendapat tekanan tanpa henti, namun dia tidak bisa melakukan apa-apa terhadap serangan mematikan Kramaric. Kramaric melepaskan tembakan tak terbendung ke sudut jauh dari jarak 15 meter sekaligus memastikan kemenangan tuan rumah.

Pada Minggu, tim Wales membuka pertandingan awal kualifikasi Grup E mereka di kandang melawan Slovakia, sementara Kroasia bertandang ke Hongaria.

Baca juga: Dwigol Depay bawa Belanda menang mudah atas Belarus

Baca juga: Belgia tenggelamkan Rusia 3-1

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019