Dwigol Depay bawa Belanda menang mudah atas Belarus

Jakarta (ANTARA) – Memphis Depay mencetak dua gol dan turut berkontribusi lagi dalam dua gol lainnya saat Belanda memetik kemenangan 4-0 atas Belarus dalam pertandingan pembuka Grup C kualifikasi Euro 2020 pada Kamis waktu setempat.

Kinerja Georginio Wijnaldum dan Virgil van Dijk juga sesuai harapan di saat tim tuan rumah yang ditukangi Ronald Koeman itu jarang mendapat ancaman serius dan seharusnya bisa menang dengan selisih gol lebih besar lagi, demikian dilansir dari Reuters, Jumat.

Depay yang berperan di jantung serangan Belanda, mencatatkan jumlah total golnya menjadi 10 dari 14 pertandingan internasional terakhirnya sekaligus meneguhkan posisi sebagai penyerang utama dalam timnas Belanda di bawah Koeman.

Tim tuan rumah unggul awal setelah 50 detik pertandingan berjalan, saat umpan berisiko Igor Shitova dicuri Depay dan tendangannya pun masuk ke gawang Belarus.

Belanda menggandakan keunggulan mereka di menit ke-21 ketika Depay melakukan serangan balik dan mengumpan bola ke Wijnaldum yang berdiri bebas dan kemudian menuntaskan menjadi gol dari jarak tujuh meter.

Tuan rumah menambah jumlah gol mereka pada menit ke-55 ketika Mikhail Sivakov menjatuhkan Wijnaldum di dalam kotak penalti. Dengan percaya diri Depay mengkonversi penalti menjadi gol ketiga untuk Belanda.

Belanda memainkan 20 menit terakhir hanya dengan 10 pemain setelah bek kanan pengganti Kenny Tete, pemain pengganti ketiga mereka, mengalami cedera hamstring usai sprint pertamanya sekitar 20 detik setelah masuk lapangan.

Bahkan dengan jumlah pemain yang lebih sedikit, tim tuan rumah masih berhasil menambah gol keempat di empat menit terakhir melalui kaki Van Dijk hasil dari umpan matang Depay.

Belanda akan menghadapi lawan yang lebih berat pada Minggu ketika mereka menjamu Jerman di pertandingan kualifikasi berikutnya, peluang lain bagi tim Koeman untuk menggarisbawahi kebangkitan mereka setelah gagal lolos ke Piala Dunia tahun lalu di Rusia.

Dalam pertandingan Grup C lainnya, Niall McGinn dan Steven Davis (penalti) mencetak gol di babak kedua ketika Irlandia Utara mengakhiri serangkaian empat pertandingan tanpa kemenangan dengan keunggulan 2-0 atas Estonia di Windsor Park.

Baca juga: Belgia tenggelamkan Rusia 3-1

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019