Feyenoord dipecundangi Willem di kandang akibat VAR

Jakarta (ANTARA) – Feyenoord menelan kekalahan dalam laga pekan ke-26 Liga Belanda setelah dipecundangi WIllem Ii dengan skor 2-3 di Stadion De Kuip, Rotterdam, Belanda, Minggu dini hari WIB.

Nicolai Jorgensen sebetulnya sempat mencetak gol pada menit ke-87, namun dianulir oleh wasit Pol van Boekel setelah ia meninjau tayangan ulang VAR, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Jorgensen yang menyundul bola tendangan bebas dianggap terlebih dulu melakukan pelanggaran setelah menghalang-halangi lawannya.

Akibatnya, Feyenoord yang sempat dua kali memiliki keunggulan lewat Steven Berghuis dan Eric Botteghin, harus rela menelan kekalahan akibat gol-gol Freek Heerkens, Fernando Lewis dan Alexander Isak.

Ketiga gol Willem juga memperlihatkan betapa rapuhnya pertahanan Feyenoord di laga tersebut, yang seharusnya bisa mengantisipasi situasi-situasi itu.

Tim besutan Giovanni van Bronckhorst kini tertahan di urutan ketiga klasemen dengan koleksi 47 poin, dan terancam tergusur oleh AZ Alkmaar (44) yang berada di peringkat keempat dan baru bermain pada Minggu malam menjamu Ajax (62).

Sementara Willem (34) naik ke urutan kedelapan melompati SC Heerenveen (33), FC Groningen (32) dam VVV Venlo (32).

Feyenoord sebetulnya tampil lebih agresif di awal laga dan berhasil unggul lewat gol cantik Berghuis yang melakukan tendangan ungkit yang melambung melewati kiper Timon Wellenreuther dan melesak ke tiang jauh pada menit ke-22.

Namun keunggulan tak bertahan lama, lima menit kemudian Willem menyamakan kedudukan lewat Heerkens yang memanfaatkan sapuan buruk Botteghin dalam situasi sepak pojok.

Botteghin berbalik menjadi pahlawan sejenak ketika membawa Feyenoord kembali unggul lewat tandukannya menyambut sepak pojok Orkun Kokcu pada menit ke-55.

Akan tetapi, pertahanan Feyenoord seolah tertidur pulas ketika Willem menyamakan kedudukan enam menit berselang.

Sapuan Ridgeciano Haps berhasil disambut Lewis yang menggiring bola dari dekat garis tengah dan menerobos masuk ke dalam kotak penalti tanpa hadangan berarti untuk melakukan tembakan penyelesaian ke sudut tiang jauh demi mengubah skor menjadi 2-2 pada menit ke-61.

Delapan menit kemudian Isak menerima bola di luar kotak penalti dari umpan Damil Dankerlui kemudian menari melewati jegalan Haps dan Botteghin sebelum menaklukkan kiper Kenneth Vermeer dengan tendangan kerasnya untuk membawa tim tamu berbalik unggul 3-2.

Di waktu tersisa tak kurang dari lima peluang dimiliki oleh Feyenoord namun tak satupun membuahkan hasil.

Satu-satunya situasi Feyenoord berhasil menyarangkan bola ke gawang Willem terjadi lagi pada menit ke-87 lewat Jorgensen, namun gol itu dianulir oleh VAR, memaksa tuan rumah tak memperoleh satu poin pun dari laga tersebut.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Belanda:

Feyenoord (4-3-3): Kenneth Vermeer; Cuco Martina, Eric Botteghin, Jan-Arie van de Heijden, Ridgeciano Haps; Jordy Clasie (Jens Toorsntra), Orkun Kokcu (Nicolai Jorgensen), Tonny Vilhena; Steven Berghuis, Robin van Persie, Sam Larsson
Pelatih: Giovanni van Bronckhorst

Willem II (4-3-3): Timon Wellenreuther; Fernando Lewis, Freek Heerkens, Jordens Peters, Diego Palacios; Renato Tapia, Daniel Crowley (Dries Saddiki), Vurnon Anita; Marios Vrousai, Alexander Isak, Evangelos Pavlidis (Damil Dankerlui)
Pelatih: Adrie Koster

Baca juga: Menangi laga tunda, Ajax pangkas jarak dari PSV
Baca juga: Sambangi markas Vitesse, Feyenoord ditahan imbang 1-1
Baca juga: Van Persie kemas trigol, Feyenoord gilas Emmen 4-0

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019