Indonesia selenggarakan turnamen Asian Premier Futsal Championship

Jakarta (ANTARA) – Indonesia akan menyelenggarakan turnamen futsal tingkat Asia bertajuk “Asian Premier Futsal Championship” edisi tahun 2019 yang rencananya digelar pada November 2019.

Dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, perwakilan perusahaan penyelenggara Premier Global Pvt Ltd Dinesh Raj mengatakan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah turnamen tersebut bersama Thailand.

“Indonesia akan menjadi tempat pelaksanaan laga babak semifinal dan final,” ujar Raj.

Adapun untuk lokasi detailnya di Indonesia, Raj menyebut pihaknya sedang melihat ketersediaan tempat.

Salah satu arena yang diproyeksikan untuk turnamen tersebut adalah Istora Senayan di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta. Hal ini diiyakan oleh Wakil Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Syafril Nasution.

“‘Venue’ yang sudah disurvei Istora Senayan. Mudah-mudahan arenanya tidak dipakai di tanggal pertandingan,” kata Syafril.

Sebagai informasi, Asian Premier Championship di tahun 2019 merupakan pelaksanaan ketiga sejak tahun 2016.

Turnamen ini digelar oleh pihak swasta asal India. Dalam pelaksanaan kedua di tahun 2017, kompetisi Premier Futsal diikuti oleh legenda sepak bola dunia seperti Ryan Giggs, Ronaldinho, Deco, Paul Scholes, Hernan Crespo dan Michel Salgado.

Konsep serupa akan ditularkan untuk edisi tahun 2019, tetapi penyelenggara belum bisa memastikan siapa saja nama-nama besar yang akan terlibat.

Yang pasti, Indonesia akan diwakili oleh tim nasional yang disiapkan untuk Piala Dunia Futsal 2020.

“Kami memilih pemain-pemain terbaik di klub untuk mengikuti turnamen ini. Selain itu, ada juga legenda sepak bola Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto,” tutur Syafril.

Asian Premier Futsal ini juga mendapatkan dukungan dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Gusti Randa menyebut, turnamen tersebut dapat mengembangkan olahraga futsal di Tanah Air.

“Ini turnamen yang bagus. Apalagi banyak legenda yang rencananya akan tampil. Semoga olahraga futsal kita semakin berkembang,” ujar Gusti

Baca juga: Tim futsal Indonesia ke semifinal AIMAG

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019