Irak balikkan keadaan untuk menang 3-2 atas Vietnam

Jakarta (ANTARA News) – Irak mampu membalikkan keadaan untuk mengamankan kemenangan 3-2 atas Vietnam dalam pertandingan Grup D kejuaraan sepak bola Piala Asia 2019 yang dimainkan di Stadion Zayed Sport City, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Selasa malam WIB.

Vietnam unggul terlebih dahulu melalui gol bunuh diri Ali Faez Atiyah pada menit ke-24, kemudian Irak menyamakan kedudukan berkat gol Mohanad Ali pada menit ke-35, gol Cong Phuong Nguyen membuat Vietnam kembali memimpin pada menit ke-42, tetapi gol Humam Tariq pada menit ke-60 membuat kedudukan kembali imbang, dan Ali Adnan mengamankan kemenangan juara 2007 itu pada menit ke-90, demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Kemenangan ini membawa Irak menghuni peringkat kedua di klasemen grup dengan koleksi tiga poin, sedangkan Vietnam berada di peringkat ketiga dengan nol poin.

Vietnam membuka keunggulan ketika Ali Faez mencoba mengganggu pergerakan Cong Phuong, namun upayanya untuk mengamankan bola justru membuat dirinya mengarahkan bola masuk ke gawangnya sendiri.

Mohanad Ali memaksimalkan kesalahan Do Duy Manh dan menaklukkan Que Ngoc Hai sebelum memasukkan bola ke sudut kiri bawah gawang, namun Vietnam kembali unggul pada menit ke-42.

Jalal Hassan Hachim menepis tembakan mendatar dari Nguyen Trong Hoang ke sisi kanannya dan upaya Ahmed Ibrahim untuk membuang bola justru mengenai Cong Phuong dan masuk ke gawang Irak.

Irak kembali menyamakan kedudukan pada menit ke-60 ketika Vietnam gagal untuk menyapu bola setelah kiper Dang Van Lam menahan sundulan Mohanad Ali, dan Tareq menyambar bola untuk masuk ke bagian atas gawang.

Situasi berbalik total pada fase akhir laga ketika Ali Adnan melepaskan tendangan bebas yang bersarang ke gawang Vietnam.

Susunan pemain seturut laman resmi AFC:

Irak (5-4-1): Jalal Hasan, Walid Salim (Alaa Ali Mhawi 78′), Ahmad Ibrahim, Frans Dhia Putros (Bashar Resan 37′), Ali Faez Atiyah, Ali Adnan, Safaa Hadi, Ahmed Yasin, Osama Rashid (Humam Tariq 58′), Hussein Ali, Mohanad Ali

Vietnam (5-4-1): Dang Van Lam, Trong Hoang Nguyen, Quang Hai Nguyen, Ngoc Hai Que, Duy Manh Do, Tien Dung Bui, Cong Phuong Nguyen, Hung Dung Do, Luong Xuan Truong (Huy Hung Nguyen 65′), Phong Hong Duy Nguyen (Ha Duc Chinh 63′), Phan Van Duc (Van Hau Doan 82′)

Baca juga: Vietnam targetkan lolos fase grup di Piala Asia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019