Muenchen gelar pesta lima gol tanpa balas ke gawang Dortmund

Jakarta (ANTARA) – Bayern Muenchen menggelar pesta lima gol tanpa balas ke gawang Borussia Dortmund dalam laga pekan ke-28 Liga Jerman di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Minggu dini hari WIB.

Robert Lewandowski mencatatkan dua dari lima gol Muenchen di laga tersebut, sementara Mats Hummels, Javi Martinez dan Serge Gnabry masing-masing satu, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Hasil itu membuat kedua tim bertukar tempat di klasemen. Muenchen naik ke puncak dengan koleksi 64 poin, unggul satu poin atas Dortmund (63) yang turun ke posisi kedua.

Baca juga: Dortmund tegaskan Jadon Sancho tidak akan ke mana-mana

Baca juga: Lewandowski antar Bayern ke semifinal Piala Jerman

Dortmund pincang sejak awal laga, setelah didera berita tiga kehilangan, yakni cedera yang mendera Christian Pulisic, Paco Alcacer dan Raphael Guerreiro.

Meski pincang, Dortmund awalnya memberikan perlawanan kuat bahkan hampir unggul lebih dulu jika saja tembakan Mahmoud Dahoud tak membentur tiang gawang pada saat pertandingan baru berjalan tujuh menit.

Ironisnya tiga menit kemudian, lewat sebuah sepak pojok Hummels menyarangkan bola ke gawang tim yang pernah dikapteninya itu untuk membawa Muenchen unggul 1-0.

Muenchen hanya membutuhkan waktu tujuh menit untuk menggandakan keunggulan, setelah Dan-Axel Zagadou melakukan salah umpan dan Lewandowski yang menerima bola dengan dingin melepaskan tembakan ungkit melewati atas kepala kiper Roman Buerki ke dalam gawang tak bertuan.

Tuan rumah terus menekan dan pada menit ke-41 mereka memperbesar keunggulan menjadi 3-0 lewat Martinez yang menyambar bola muntah upaya penyelamatan Buerki atas tembakan Thomas Mueller.

Dua menit berselang Mueller melepaskan umpan silang yang berhasil disundul Gnabry untuk memaksa Buerki kembali memungut bola dari dalam gawangnya. Muenchen unggul 4-0 di babak pertama.

Ketertinggalan empat gol agaknya menjadi tugas mustahil untuk ditaklukkan Dortmund, upaya mereka bukan saja tak membuahkan hasil tapi tak banyak menimbulkan ancaman untuk gawang Muenchen di babak kedua.

Bahkan, semenit jelang waktu normal berakhir Lewandowski mencetak gol keduanya dengan menyontek mudah bola sodoran Gnabry ke gawang yang sudah ditinggalkan Buerki. Muenchen lima, Dortmund nol.

Baca juga: Mainz permalukan Freiburg 5-0

Baca juga: Bayern Muenchen dekati Mourinho

Susunan pemain:

Bayern Muenchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Niklas Suele, Mats Hummels, David Alaba; Thiago Alcantara, Javi Martinez (Leon Goretzka); Serge Gnabry, Thomas Mueller (Renato Sanches), Kingsley Coman (Franck Ribery); Robert Lewandowski
Pelatih: Niko Kovac

Borussia Dortmund (4-1-4-1): Roman Buerki; Lukasz Piszczek (Marius Wolf), Manuel Akanji, Dan-Axel Zagadou (Julian Weigl), Abdou Diallo; Axel Witsel; Jadon Sancho, Mahmoud Dahoud (Mario Goetze), Thomas Delaney, Jacob Bruun Larsen; Marco Reus
Pelatih: Lucien Favre

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019