Sempat tertinggal dua gol, West Ham bangkit tundukkan Huddersfield 4-3

Jakarta (ANTARA) – West Ham United yang sempat tertinggal dua gol bangkit dan menundukkan tamunya Huddersfield Town dengan skor 4-3 dalam laga pekan ke-31 Liga Inggris di Stadion Olimpiade London, Inggris, Sabtu.

Eksekusi penalti Mark Noble sempat membuat West Ham unggul lebih dulu, namun tim tamu berbalik memimpin lewat gol Juninho Bacuna disusul dwigol Karlan Ahearne-Grant.

Akan tetapi, satu gol dari Angelo Ogbonna dan dua gol Javier Hernandez di sisa waktu 15 menit terakhir pertandingan berhasil membawa West Ham bangkit dan memenangi laga, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Hasil itu tak mengubah posisi kedua tim di klasemen. West Ham tetap berada di urutan kesembilan dengan koleksi 42 poin, sedangkan Huddersfield (14) masih menjadi juru kunci klasemen dan kian dekat dengan kepastian terdegradasi.

Wasit Jonathan Moss menunjuk titik putih pada menit ke-15 saat Manuel Lanzini dijatuhkan Aaron Rowe di dalam area terlarang. Sang kapten, Noble, yang menghadapi bola dengan dingin mencetak gol ketiganya musim ini –yang semuanya berasal dari eksekusi penalti– demi membuka keunggulan West Ham.

Namun keunggulan itu tak bertahan lama, lewat serangan balasan pertama Huddersfield memperoleh sepak pojok yang dikirimkan Aaron Mooy ke tengah kotak penalti di mana Bacuna berdiri bebas untuk menanduk bola ke gawang tuan rumah sekaligus menyamakan kedudukan 1-1.

Pada menit ke-30, tim tamu berbalik memimpin lewat sepakan Grant menyambut umpan silang Chris Lowe.

Ketertinggalan 1-2 membuat pelatih Manuel Pellegrini memasukkan Hernandez menggantikan Michail Antonio pada saat babak kedua dimulai, sesuatu yang nantinya akan terbukti menjadi keputusan strategis nan tepat.

Sebelum itu terjadi, tim tamu lebih dulu menambah keunggulan mereka menjadi 3-1 lewat gol kedua Grant yang dicetaknya melalui tendangan luar kotak penalti yang melesak ke sudut kanan atas gawang pada menit ke-65.

Harapan kebangkitan West Ham dipantik ketika sepak pojok Aaron Creswell berhasil disambut tandukan Ogbonna pada menit ke-75, mengubah skor menjadi 2-3.

Hernandez mencetak gol pertamanya di laga tersebut pada menit ke-84 saat ia menyundul bola umpan silang Samir Nasri.

Sama-sama tak puas dengan satu poin, kedua tim terlibat saling gempur di sisa waktu yang ada, namun West Ham yang keluar sebagai pemenang setelah berhasil memanfaatkan situasi sepak pojok pada masa injury time.

Sepak pojok pendek yang dilepaskan Creswell diteruskan dengan umpan silang terarah oleh Felipe Anderson yang disambut dengan sundulan mudah Hernandez untuk memastikan kemenangan West Ham 4-3 atas Huddersfield.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Inggris:

West Ham United (4-1-4-1): Lukasz Fabianski; Pablo Zabaleta, Issa Diop, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell; Declan Rice; Michail Antonio (Javier Hernandez), Mark Noble (Samir Nasri), Manuel Lanzini, Felipe Anderson; Marko Arnautovic (Lucas Perez)
Pelatih: Manuel Pellegrini

Huddersfield Town (4-2-3-1): Jonas Loessl; Thomas Smith, Jon Gorenc-Stankovic, Terence Kongolo, Erik Durm; Juninho Bacuna (Jason Puncheon), Aaron Mooy; Aaron Rowe (Philip Biling), Alex Pritchard, Chris Lowe; Karlan Ahearne-Grant (Steve Mounie)
Pelatih: Jan Siewert

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019