Solskjaer “murid” Cicero

Setiap pertandingan memiliki karakter tersendiri

Jakarta (ANTARA) – Pelatih sementara Manchester United Ole Gunnar Solskjaer “murid” filosof Roma Cicero. Kedua sosok beda jaman itu terhubung dengan apa yang mendasar dalam menjalani hidup yakni memiliki dan mengandalkan harapan.

Selalulah berpengharapan, selama masih bernapas. Filosof Roma dan ahli pidato Cicero mengutarakan kredo “Dum Vita est, spes est”. Artinya, masih ada kehidupan, di situ pula masih ada pengharapan.

Berpengharapan merupakan kata kunci bagi Solskjaer. Ia yakin bahwa skuad Manchester United memiliki kualitas memadai untuk meraih kemenangan di Liga Champions.

Harapan yang dilambungkan oleh Solskjaer bukan tanpa dasar pengalaman. Semasa masih sebagai pemain, ia mengenyam kemenangan dramatis dalam final 1999. Waktu itu, Manchester United mampu mengalahkan Bayern Muenchen dengan skor 2-1 di Barcelona, dan keluar sebagai juara Eropa untuk kali kedua dalam perjalanan sejarah mereka.

Manchester United meraih trofi pada 1968, kemudian keluar sebagai juara kembali pada 2008 setelah mengalahkan Chelsea lewat adu penalti dalam pertandingan di Moskow. Hanya saja pada 2011, tidak mencapai final karena dikalahkan Barcelona 1-3.

Solskjaer menunjuk bahwa Manchester United menghadapi situasi yang sama dengan situasi 20 tahun lalu saat menjalani laga Liga Champions.

“Saya beranggapan bahwa kami telah menunjukkan kesungguhan ketika melawan Paris Saint-Germain,” kata Solskjaer.

“Hanya saja, memang banyak variabel yang mempengaruhi, dan setiap pertandingan memiliki karakter tersendiri,” katanya pula.

Ketika ia ditanya mengenai kemungkinan Manchester United menorehkan “Treble Winners” dengan menyabet trofi di ajang Liga inggris, Piala FA, dan Liga Champions, Solskjaer mengutarakan harapannya agar hal itu bisa saja terwujud.

“Untuk meraih trofi, anda perlu meraih kemenangan sekurang-kurangnya dalam satu atau dua laga yang ketat,” katanya sebagaimana dikutip dari laman france 24

Baca juga: Menjadi pandai karena pengetahuan, Solskjaer berkongsi dengan Scholes

Baca juga: Makin besar gelora hati, Gary Neville semangati Solskjaer

Baca juga: Inilah cara Manchester United, sabda Solskjaer

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019