Vertonghen bersinar kala Tottenham lumat Dortmund 3-0 di Wembley

Jakarta (ANTARA News) – Bek Tottenham Hotspurs Jan Vertongen bersinar di laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Borussia Dortmund di Wembley pada Rabu malam waktu setempat dengan mencetak satu gol dan satu assist.

Di babak pertama, Spurs pelan-pelan berusaha menemukan ritme permainannya namun tidak membuat cukup peluang. Sementara Dortmund memiliki peluang terbaik lewat sundulan kepala Zagadou di menit-menit akhir menjelang turun minum, demikian laman resmi UEFA pada Kamis pagi.

Heung-min Son memasang momentum awal bagi Tottenham.  Pemain asal Korea Selatan itu membuka keunggulan bagi Tottenham lewat tendangan voli jarak dekat memanfaatkan assist dari Jan Vertonghen pada menit ke-47.

Gol itu merupakan gol kesembilan kali Son ke gawang Dortmund dalam 11 kali pertemuan. Son pernah bermain di Bundesliga dari 2010-2015.

Kemudian ada Eriksen yang cukup merepotkan dan mengacak-acak lini pertahanan Dortmund. Namun tembakan kerasnya dari luar kotak masih bisa diblok dan jatuh ke kaki bek kanan Tottenham Serge Auriel yang diteruskan lewat umpan silang ke kiri dan disambut sontekan kaki bek kiri Jan Vertonghen untuk gol kedua Spurs pada menit ke-83.

Baru dua menit turun ke lapanangan, Fernando Llorente yang masuk menggantikan Lucas Moura memperlebar keunggulan bagi Spurs pada menit ke-86. Eriksen mengirim umpan yang cantik lewat tendangan pojok yang disambut oleh sundulan kepala Llorente.

Mauricio Pochettino sampai berdiri dari bangku dan merayakan gol tersebut dengan gerakan pukulan tangan.

Klub pemuncak Bundesliga, yang tereliminasi dari Piala Jerman pekan lalu, seakan tak berkutik di babab kedua. Pemain muda cepat mereka Jadon Sancho tidak disisakan ruang untuk bergerak setelah turun minum.

Sebelum pertandingan hari Rabu, Tottenham, bermain tanpa kapten Harry Kane dan Dele Alli yang cedera, tak pernah menang di laga kandang di babak knockout.

Dortmund yang bermain tanpa kapten Marco Reus dan striker Paco Alcacer memiliki peluang yang lebih baik di babak pertama lewat tendangan Christian Pulisic yang masih mampu diblok kiper Hugo Lloris.

Kiper Prancis itu juga melakukan blok terhadap sundulan kepala Dan-Axel Zagadou.

Dortmund berusaha untuk memulihkan permaiannya namun tidak menemukan jalan menghadapi kedisiplinan pemain belakang Spurs.

Skor 3-0 untuk kemenangan Tottenham, yang akan bertandang ke Jerman untuk laga leg kedua pada 5 Maret nanti.

Baca juga: Prediksi Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Baca juga: PSG tekuk Setan Merah 2-0 di Old Trafford

Baca juga: Dua gol Zaniolo bawa kemenangan bagi Roma atas Porto

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019